Catatan Ramadan #25

Ketika aku mengamati sekitar, seorang istri yang kurang mendapatkan apresiasi dari suami dan anaknya, ia akan melakukan hal yang sama kepada yang lain.
Ditambah jika seorang istri tsb belum memiliki konsep diri yang ajeg. Idealnya, dipuji-tidak dipuji, diterimakasih-i ataupun tidak , dihargai ataupun tidak, harusnya tidak menyurutkan untuk mempersembahkan amal terbaik.

Ketika aku dalam kondisi tidak diapresiasi malah ada dalam kondisi sebaliknya, rasa sedih terkadang menghampiri, saya menerimanya, kalau saya sedih, tidak apa-apa. Setelah itu saya mencoba membangun refarming dengan sudut pandang lain. Kenapa ya beliau begitu? padahal rasanya aku sudah berdarah-darah membantunya. Ternyata banyak kondisi yang menyedihkan atas sikap beliau yang begitu.

Akhirnya saya diingatkan Allah lagi tentang beberapa orang yang tidak terbiasa mengucapkan kalimat apresiatif. Sebagaimana ada orang yang sulit sekali bilang maaf atau tolong. Mengajari saya agar saya tidak menjadi seperti itu.

I did right, I did well, aku sudah melakukan apa yang kuanggap baik dan benar. Dan ternyata itu cukup. Cukup untuk membuatku tidak lagi berharap banyak pada penilaian orang lain. Wakafa billahi syahida.

Leave a comment

Nouman Ali Khan Indonesia

Al-Qur'an bukti cintanya Allah. Bukti pedulinya Allah. Kalau kamu ingin tahu betapa cinta dan pedulinya Allah, pelajari Al-Qur'an.

Iqbal Hariadi

Penulis yang suka ngomong. Berbagi dan menyebarkan ide tentang karya dan pengembangan anak muda. Cari juga ocehan saya di Podcast Subjective.

DR. SAIFUL BAHRI, M.A.

"Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat buat sesama"

ceritamamaalienda

tentang rasa

Ruang Sastra

Pusat Dokumentasi Sastra Koran Indonesia

nurun ala

menari dalam sunyi

momikologi - mommy's psychology

Supporting Mothers' Well-Being. Ibu Sejahtera, Keluarga Bahagia.

Notes of Mind

Menyelami lautan pikiran.

Discover WordPress

A daily selection of the best content published on WordPress, collected for you by humans who love to read.

Longreads

Longreads : The best longform stories on the web

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Design a site like this with WordPress.com
Get started